Solar Wind, Konsep Jembatan Multi Fungsi
HANAA FITARI

Solar Wind, Konsep Jembatan Multi Fungsi

Jembatan yang menghubungkan antar dua perbukitan dengan lembah di antaranya, umumnya hanya berfungsi sebagai prasarana transportasi. Tetapi di tangan desainer Francesco Colarossi, Giovanna Saracino dan Luisa Saracino, jembatan semacam itu mempunyai banyak fungsi.

Dinamai dengan Solar Wind, konsep jembatan itu didesain dengan arsitektur unik untuk menampung turbin-turbin angin di bagian bawah dan di sepanjang jalanannya disediakan solar park, sebuah konsep rumah kaca dengan berbagai tanaman di dalamnya.

Menurut para desainer tersebut, angin cenderung bertiup kencang di lembah antara dua bukit dan memberikan energi yang cukup untuk memutar turbin-turbin angin yang berada di bawah jembatan. Sementara itu taman-taman di sepanjang jalan akan memberikan panorama tersendiri, selain bisa berproduksi untuk dikonsumsi.

Dalam hal menghasilkan energi listrik, tidak hanya energi angin yang dimanfaatkan oleh jembatan itu. Para desainer itu juga menyebutkan jika jalanan di sepanjang jembatan bisa dilapisi dengan teknologi yang dimiliki Solar Roadways untuk menyerap energi surya.

Total energi yang bisa dibangkitkan dari jembatan itu, menurut mereka, sekitar 40 juta kWh per tahun. Tentunya, ukuran panjang,lebar dan ketinggian jembatan juga berpengaruh terhadap listrik yang dihasilkannya.

Melihat dari arsitektur dan teknologi yang ada saat ini, tampaknya konsep tersebut bisa juga diaplikasikan di Indonesia, seperti jembatan Suramadu atau jembatan yang nantinya melintas di atas selat Sunda.
 

ARTIKEL INFORMATIF LAINNYA


ikuti kami


rss feed Facebook Planethijau Twitter Planethijau