Menghasilkan Energi Listrik Dari Window Blind
KAMIS

Menghasilkan Energi Listrik Dari Window Blind

Vincent Gerkens, berkebangsaan Belgia telah mendesain Blight, sebuah penutup jendela (window blind) yang terbuat dari sirip-sirip dengan bahan khusus yang bersusun (blind) dan bisa menggantikan fungsi lampu penerangan di dalam ruangan.

Fungsi utamanya masih sebagai penutup jendela untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Tetapi dengan ditambahkannya sentuhan teknologi, maka fungsionalitasnya menjadi bertambah. Yang menarik dari desainnya tidak hanya fungsinya sebagai pengganti lampu, tetapi tidak diperlukannya listrik memberikan nilai tambah. Blight tidak memerlukan jaringan listrik untuk bekerja sebagai lampu.

Menurut Gerkens, Blight yang dibuat dengan gaya Venesia dengan permukaan siripnya lebih lebar. Dua jenis teknologi yang diterapkan padanya, yaitu panel surya fleksibel yang dipasang pada sisi luar sirip dan siripnya sendiri yang terbuat dari bahan electroluminescent.

Pada siang hari panel surya akan menyerap energi matahari dan ketika malam tiba, energi tersebut akan diubah menjadi cahaya lampu oleh lembaran-lembaran sirip.

Inovasi yang hampir tidak berbeda jauh juga pernah dibuat oleh Damien Savio, lulusan desainer industri di Australia yang menjadi finalis Australian Design Awards-Dyson Student Award. Damien menamakan desain yang sedang dalam proses patent tersebut dengan lightway.

Perbedaannya hanya pada fokus desain. Damien Savio menggunakan kaca jendela nako yang dibuat dari panel surya transparan dengan organic led emitting diode (OLED) sebagai lampu penerangannya. Baterai berukuran kecil disimpan pada frame nako yang bisa dilepas dan berfungsi menjadi semacam lampu senter.

Ternyata untuk menghasilkan sesuatu yang hijau masih banyak ruang yang bisa dimanfaatkan.
 

ARTIKEL INFORMATIF LAINNYA


ikuti kami


rss feed Facebook Planethijau Twitter Planethijau