EWICON : Inovasi Baru Pemanen Energi Angin
RAHMAN BUDI

EWICON : Inovasi Baru Pemanen Energi Angin

Bising dan keamanan terhadap burung menjadi salah satu masalah yang timbul dari turbin angin konvensional.

Berbagai teknologi telah dibuat oleh para ilmuwan untuk membuat pembangkit listrik tenaga bayu yang lebih ramah lingkungan. Seperti meletakkan turbin angin dalam chamber atau membuat rotor paralel seperti sayap pesawat.

Jika kebanyakan turbin angin menghasilkan listrik dari gerakan mekanik, sebuah inovasi pembangkit listrik tenaga bayu yang dikembangkan Mecanoo dan diberi nama EWICON (Electrostatic WInd energy CONvertor) menghasilkan energi potensial dengan partikel-partikel bermuatan listrik.

Desain EWICON saat ini terdiri dari rangka baja yang memegang serangkaian tabung terisolasi disusun secara horisontal. Setiap tabung berisi beberapa elektroda dan nosel yang terus menerus melepaskan partikel-partikel air bermuatan positif ke udara.

Ketika partikel-partikel tersebut tertiup angin, maka terjadi perubahan tegangan pada konvertor tersebut dan menciptakan medan listrik yang bisa dialirkan ke grid.

EWICON yang didesain menggunakan teknologi yang dikembangkan Delft Technical University, juga sangat fleksibel soal lokasi pemasangannya.
Delft Technical University