Fasilitas Perakitan Ford Focus Elektrik Pasang PLTS 500 KW
RAHMAN BUDI

Fasilitas Perakitan Ford Focus Elektrik Pasang PLTS 500 KW

Jika produk-produknya mulai mengusung teknologi ramah lingkungan, maka proses produksinya pun seharusnya melakukan hal yang sama. Barangkali seperti itulah yang terlintas di benak para pemimpin Ford.

Sebuah fasilitas perakitan mobil Ford di Michigan yang akan digunakan untuk menyatukan komponen-komponen Ford Focus Electric, rencananya akan menggunakan listrik yang dipasok dari pembangkit listrik tenaga surya. Kapasitas terpasangnya hanya sekitar 500 kiloWatt dan listrik yang dihasilkannya akan disimpan ke dalam sebuah fasilitas penyimpan energi berkapasitas 750 kiloWatt dan menghasilkan energi listrik sebesar 2 MegaWatt jam. Sisa listrik yang dihasilkannya akan diumpankan kembali ke jaringan listrik.

Selain digunakan untuk memproduksi Focus Electric, fasilitas tersebut juga akan memproduksi mobil Ford hybrid. Penambahan pembangkit listrik tenaga surya tersebut akan menghemat 160.000 US dolar biaya listrik per tahunnya. Bukan hanya itu, rencananya Ford juga akan membangun stasiun isi ulang baterai bagi truk-truk yang hilir mudik di area pabrik untuk mengangkut komponen-komponen mobil produksinya.

Meski langkah yang diambil oleh Ford bukan merupakan sesuatu yang baru, tetapi hal tersebut bisa menjadi inspirasi sekaligus mendorong pemanfaatan energi terbarukan di industri kendaraan.
Green Car Reports
 

ARTIKEL INFORMATIF LAINNYA


ikuti kami


rss feed Facebook Planethijau Twitter Planethijau