Window Socket : Si Kotak Kontak Penghasil Listrik Dari Jendela
RAHMAN BUDI

Window Socket : Si Kotak Kontak Penghasil Listrik Dari Jendela

Ada sebuah ide sederhana tetapi sangat menarik untuk dicoba. Komponen pentingnya adalah kaca jendela dan kotak kontak.

Dua orang desainer industri Kyuho Song dan Boa Oh membuat sebuah konsep desain yang mereka beri nama Window Socket. Dari namanya sudah tergambar fungsi utamanya, yaitu sebuah kotak kontak yang ada di jendela.

Kotak kontak yang mereka desain memang tidak jauh berbeda dengan kotak kontak yang ada saat ini, terbuat dari bahan plastik. Tetapi mereka menambahkan sentuhan inovasi dan teknologi.

Agar kotak kontak bisa menempel di jendela (kaca jendela) dengan kuat, mereka menambahkan karet hisap di bagian belakang stop kontak. Pertimbangannya agar kotak kontak tersebut bisa dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk suplai listriknya, mereka mengandalkan sel surya kecil yang dipasang dibagian belakang kotak kontak. Jika kotak kontak ditempelkan di kaca jendela, maka otomatis bagian tersebut akan terkena langsung sinar matahari.

Energi listrik yang dihasilkan sel surya kemudian disimpan dalam sebuah baterai yang terintegrasi di dalamnya. Kapasitas baterainya pun tidak besar, hanya sekitar 1.000 mAh, mengingat dimensi kotak kontak yang juga kecil.

Untuk mengisi penuh baterai tersebut dibutuhkan 5 hingga 8 jam paparan sinar matahari. Wajar jika dibutuhkan waktu yang lama karena ukuran sel suryanya pun yang tidak lebih dari dimensi kotak kontaknya.

Dengan kapasitas baterai tersebut, maka Window Socket lebih cocok digunakan untuk mengisi ulang peralatan elektronik yang berukuran kecil, tentunya dengan kapasitas baterai yang lebih kecil. Atau untuk penerangan kamar di malam hari dengan menggunakan lampu LED. Dan sebaiknya terminal untuk stop kontaknya diganti dengan konektor USB, yang saat ini lebih banyak digunakan untuk gadget.
 

ARTIKEL INFORMATIF LAINNYA


ikuti kami


rss feed Facebook Planethijau Twitter Planethijau