Jepang Siapkan Kereta Tercepat Di Dunia
GREENLOVER

Jepang Siapkan Kereta Tercepat Di Dunia

Beberapa tahun terakhir, Cina dan Jepang telah membuat sarana transportasi massa yang mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Meski tak kasat mata, perlombaan itu sepertinya akan terus berlangsung.

Setelah Cina memiliki kereta tercepat di dunia, Jepang sebagai negara yang lebih dulu unggul di bidang ekonomi dan teknologi sepertinya tidak mau dianggap sebelah mata.

Negara matahari terbit itu berencana untuk membangun kereta yang diklaim kelak akan menjadi kereta tercepat di dunia. Itu artinya kereta itu akan lebih cepat dibandingkan dengan kereta maglev yang sekarang dimiliki Cina.

Melalui sebuah perusahaan kereta api Central Japan Railway, Jepang kali ini mulai memusatkan perhatiannya pada teknologi magnetik levitation, teknologi yang sama dengan yang dikembangkan Cina, meski prototip yang dimiliki Cina telah mampu melaju dengan kecepatan 500 hingga 600 kilometer perjam.

Kereta maglev yang rencananya akan rampung di tahun 2027 tersebut akan melaju dengan kecepatan mencapai 496 kilometer perjam menghubungkan Tokyo dengan Nagoya yang berjarak 272 kilometer dalam waktu 40 menit. Saat ini kereta cepat yang menghubungkan kedua kota tersebut hanya mempunyai kecepatan 267 kilometer perjam.

Perlombaan itu sepertinya tidak akan berhenti, pasalnya Cina saat ini tengah melakukan penelitian mendalam untuk menggunakan ETT untuk transportasi masa depannya.
new york times